Hadiri Pengajian, Kapolres Madiun Ajak Masyarakat Antisipasi Berita Hoax

239

Polres Madiun – Pilkada jaman sekarang sangat berbeda dengan Pilkada jaman dahulu, hal itu diungkapkan oleh Kapolres Madiun AKBP Ruruh Wicaksono S.I.K SH MH., saat memberikan sambutan pada Pengajian Umum dalam rangka memperingati Maulid Nabi Muhammad SAW, Pengajian tersebut di selenggarakan di Masjid Yayasan Nurul Hayat, desa Sidorejo Kecamatan Wungu kabupaten Madiun dengan penceramah Ust. Ustman Hadi. Minggu (2/12)

Menurut Kapolres, yang membedakan antara pilkada yang lalu dengan pilkada jaman sekarang diantaranya adalah dari segi tantangan ledakan teknologi informasi dan komunikasi yang memudahkan masyarakat untuk memperoleh informasi dari berbagai penjuru dunia.

Dikatakan oleh Kapolres Madiun, bahwa perkembangan teknologi sangat berpengaruh dan memberikan manfaat yang positif dalam kehidupan manusia. Namun, disisi lain juga membawa dampak negatif. Kemajuan teknologi juga menjadi penyebab kejahatan yang banyak terjadi.

“Perkembangan lain terkait pilkada saat ini adalah adanya berita bohong atau hoax, ujaran kebencian dan isu sara, khususnya melalui media sosial. Itulah yang membedakan pilkada Jaman old dengan pilkada jaman now,” tutur Kapolres Madiun.

Menurut Kapolres, penyebaran berita hoax sangat berbahaya, diantaranya digunakan untuk propaganda, menghasut dan untuk provokasi hingga terjadi perang antar kelompok .Semakin tinggi peradaban manusia dengan teknologinya yang semakin canggih, makin banyak kelompok tertentu yang memanfaatkan untuk berbuat kejahatan .

Masih menurut Kapolres, bahwa untuk mengantisipasi berkembangnya berita hoax, ujaran kebencian dan isu sara, kegiatan-kegiata pengajian harus terus ditingkatkan. Sehingga selain sebagai salah satu wujud kebersamaan dalam bersilaturrahmi antara Polri dengan Tokoh Agama, yang diharapkan dapat sama-sama mewujudkan pilkada yang sejuk, indah dan damai.

“Mari sama sama mengantisipasi berita bohong, ujaran kebencian dan isu sara. Kalau menerima informasi yang belum jelas, tidak perlu ikut membagikan kepada orang lain, namun kalau ada manfaatnya untuk orang lain dan hal itu sifatnya baik mari kita viralkan,” pesan Kapolres. (Skr)