Bhabinkamtibmas Laksanakan Problem Solving Warga Binaannya

295

Polres Madiun – Anggota Polsek Pilangkenceng Polres Madiun, Aiptu Tarno selaku Bhabinkamtibmas desa Kedungbanteng, melaksanakan problem solving permasalahan tentang hutang piutang sebesar 17.000.000., bertempat di kantor balai desa Kedungbanteng antara saudara Eko Suprianto Desa Kedungbanteng dengan Sdri Sri Utami dsn Jetak desa Purworejo. Kamis ( 03/01/2019 )

Dalam kesempatan Problem Solving tersebut Aiptu Tarno mengajak kepada kedua belah pihak agar mengutamakan jalur musyawarah dan kekeluargaan, sebagai adat istiadat orang timur, jangan sampai masalah hutang piutang tersebut, berakhir dengan keributan yang dapat menyebabkan gangguan kamtibmas dan membuat kedua belah pihak malu, apalagi berkembang menjadi masalah pidana.

Aiptu Tarno bersama Kades berupaya agar warga binaannya dapat menyelesaikan masalah tersebut dengan hati dan kepala yang dingin. Alhasil kedua belah pihak dapat diselesaikan dengan cara kekeluargaan dan dibuatkan surat pernyataan bahwa saudara Eko Suprianto sanggup mengembalikan pada tanggal, 27 Maret 2019, dan apabila dalam tempo yang telah disepakati tidak bisa mengembalikan kedua belah pihak sanggup di proses sesuai hukum yang berlaku.

Ditempat terpisah, Kapolsek Pilangkenceng Akp Sumantri, S.H., melalui Bhabinkamtibmas Aiptu Tarno mengatakan ” Personil Kepolisian merupakan konsultan dalam menyelesaikan permasalahan dan perselisihan paham diantara warga masyarakat, oleh karena itu jika perselisihan tersebut dapat diselesaikan dengan baik, merupakan suatu keberhasilan dalam suatu tindakan kepolisian, karena merupakan bentuk dari tindakan pencegahan. Sehingga perselisihan yang dapat melahirkan konfik yang lebih besar dikemudian hari dapat dicegah sehingga tidak merusak harkamtibmas dan merugikan banyak pihak ” tutup Tarno