BABINKAMTIBMAS AIPTU DODIK.P WAS ADD PEMAPINGAN JALAN

182

Polres Madiun – Polsek Balerejo akan melakukan pendampingan terkait penggunaan dana desa (DD) di wilayahnya. Pendampingan itu merupakan implementasi kerja sama Polri dengan Kementrian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (PDTT). Di Kab Madiun, peran bhabinkamtibmas akan dioptimalkan untuk mengimplementasikan kebijakan tersebut.(05/12/2018)

Pertimbangkannya adalah kedekatan mereka dengan wilayah serta masyarakat. Kaposek Balerejo AKP J Nugroho.SH.MH  Menurut dia, fungsi bhabinkambtibmas tidak akan diarahkan sebagai pemeriksa.

“Mereka akan menjadi mitra desa dalam penggunaan dana desa.“ Secara teknis, peran bintara kepolisian di desa akan didorong untuk dapat secara aktif mengetahui hal-hal apa saja yang dilakukan terkait penggunaan dana desa.

Mereka diharapkan dapat memberikan sumbangan pemikiran dalam mengambil kebijakan terkait hal itu. Termasuk pelaksanaan di lapangan dapat dilihat apakah sudah sesuai dengan ancangan atau tidak. “Langkah ini sebagai upaya preventif penyelewengan dana desa.“

Cek Fisik

Dapat dikatakan, kata dia, aparat akan mendampingi kepala desa terkait penggunaan alokasi tersebut. Sehingga ada pengawasan dalam penggunaan dana desa. Namun pengawasan yang dilakukan polisi tidak pada semua aspek.

Misalnya sebatas pengawasan fisik pembangunan yang menggunakan dana desa. Menurutnya, keterlibatan kepolisian tidak diposisikan sebagai auditor, tetapi hanya melakukan pengawasan secara fisik.

Misalnya, pemerintah desa sudah mempunyai program penggunaan dana desa untuk pembuatan jalan. Di lapangan, petugas dapat memantau apakah dari beberapa sisi hal itu sudah dapat direalisasikan sesuai aturan atau tidak.

Secara terpisah, Kanit Reskrim Polsek Balerejo  Aiptu Widjiono menambahkan, hal yang dilakukan terkait pendampingan dana desa misalnya pengecekan terhadap kegiatan yang dibiayai dari alokasi tersebut. Selain itu, petugas juga dapat melakukan pembinaan agar semua pelaksanaan dapat memedomani aturan main yang ada agar tidak memicu persoalan di kemudian hari. (blo)