Bripka Eko Siswanto, Pantau Pembangunan Balai Desa Sebagai Kontrol Penggunaan Anggaran Dana Desa

194

Polres Madiun – Sebagai bentuk tindak lanjut dari MOU satuan atas yang memerintahkan Bhabinkamtibmas agar ikut mengawasi pengguaan dana desa dalam proses pembangunan yang ada didesa, Bhabinkamtibmas jajaran Polsek Kebonsari Polres Madiun secara rutin melakukan pengawasan dan kontrol terhadap jalannya pembangunan didesa binaan yang mengunakan dana desa.

Seperti pada pagi ini, Selasa (11/12) Bhabinkamtibmas Desa Palur Polsek Kebonsari Polres Madiun Bripka Eko Siswanto melaksanakan sambang desa binaan sekaligus mengadakan pengecekan terhadap jalannya pembangunan kantor Desa Palur, dalam kesempatan itu Bhabinkamtibmas yang ditemani perangkat Desa tidak lupa untuk untuk memberikan himbauan dan sampaikan pesan pesan kamtibmas kepada para pekerja pembangunan Balaidesa yang merupakan warga Desa Palur.

“Kami minta untuk seluruh pekerja dapat melaksanakan pembangunan sesuai dengan rencana, agar kwalitas dari bangunan tersebut betul betul memenuhi standar dan berkwalitas serta dapat dimanfaatkan bagi kepentingan warga masyarakat,” kata Bripka Eko.

Ia juga mengajak kepada seluruh pekerja dan warga masyarakat untuk ikut serta mengawasi penggunaan dana desa demi menghindari terjadinya penyalahgunaan maupun penyelewengan terhadap dana desa oleh oknum yang tidak beetanggung jawab, sehingga pengunaan dana desa tersebut tepat guna dan tepat sasaran yang pada akhirnya dapat meningkatkan kesejahteraan dari Masyarakat.

“Kami minta bagi warga yang mengetahui ataupun mempunyai informasi mengenai penyalahgunaan dana desa atau ada hal hal yang bisa menganggu dan menimbulkan terjadinya gangguan kamtibmas hendaknya segera untuk menghubungi Bhabinkamtibmas atau segera melapor ke Polsek Kebonsari Polres Madiun agar supaya bisa dilakukan pencegahan,” jelas Bripka Eko Siswanto.

Sementara itu Kepala Desa Palur Drs.Sugiyanto menjelaskan bahwa sangat berterimakasih atas pengawasan yang dilakukan oleh Bhabinkamtibmas, karena dengan adanya pengawasan yang baik segala rencana akan dapat berjalan dengan sempurna, dan bila ada suatu kesalahan akan bisa untuk segera diperbaiki dan hal seperti inilah yang diharapkan oleh Masyarakat,

Sementara itu Kapolsek Kebonsari Polres Madiun AKP Sumarji, S.H. saat ditemui ditempat terpisah menerangkan bahwa pengawasan terhadap penggunaan dana desa yang dilakukan oleh Bhabinkamtibmas merupakan bentuk tanggung jawab dan amanah dari rakyat, sehingga harus dilakukan sebaik baiknya.

“Di era transparansi seperti saat ini penggunaan dana desa harus penuh keterbukaan serta harus ada kerjasama yang baik diantara semua elemen, Bhabinkamtibmas sebagai garda terdepan bagi institusi Kepolisian memang harus melaksanakan tugas dengan sebaik baiknya, karena bisa dikatakan ini adalah beban berat yang harus dipikul dan dilaksanakan untuk menghindari terjadinya penyimpangan,” terang AKP Sumarji. (Kbs)