Rangkul Tokoh Masyarakat dan tokoh pesilat dengan giat cagkrukan

65

Polres Madiun – Polsek Dolopo. Kabupaten Madiun terkenal dengan ikon kampung pesilat, karena di Madiun terdapat beberapa perguruan silat diantaranya ada persaudaraan Setia Hati Trate, Persaudaraan Setia Hati Tunas Muda Winongo, Kera Sakti, Pagar Nusa dan masih banyak lagi. Dengan adanya berbagia jenis perguruan silat tersebut tentunya sering terjadi benturan atau gesekan antara satu perguan silat dengan perguruan silat lainnya, untuk itu pemerintah Kabupaten Madiun berusaha untuk meminimalisir bentrokan atau gesekan antar perguruan silat tersebut dan bisa rukun berdampingan untuk memajukan perguruannya masing-masing dalam satu wadah, dan untuk itu pemerintah Kabupaten madiun mencanangkan Kabupaten madiun sebagai kampung pesilat.

Di Kecamatan Dolopo juga terdapat beberapa perguruan silat, kurang lebih ada empat perguruan silat yang berpengaruh yang ada di Kecamatan Dolopo, di antaranya Persaudaraan Setia Hati Trate, Persaudaraan Setia Hati Tunas Muda Winongo, Pagar Nusa dan tapak suci.

Untuk meminimalisir bentrokan atau gesekan antar perguruan silat yang ada di wilayah Dolopo, Kapolsek Dolopo bersama 3 pilar mengadakan acara cangkrukan untuk merangkul dan menyerap aspirasi dari para tokoh-tokoh perguruan silat tersebut, Rabu (13/08/2019).

Acara cangkrukan tadi malam di laksanakan di Ds. Kradinan dan di hadiri oleh Muspika Kecamatan Dolopo, Kades Kradinan bersama 3 pilar dan tokoh Masyarakat serta tokoh perguruan silat yang ada di Ds. Kradinan. Acara ini dilaksanakan atas inisiatif dari Muspika kecamatan Dolopo untuk merangkul para tokoh dan menyerap aspirasi dari para tokoh perguruan silat yang ada di wilayah Dolopo, terang Kapolsek Dolopo AKP Mujari, SH, ini salah satu strategi kita untuk merangkul semua pihak agar tidak terjadi gesekan atau bentrokan dan semua perguruan silat yang ada di Dolopo bisa hidup rukun berdampingan, dan agar bisa menjaga kondusifitas Wilayah Dolopo, lanjut Kapolsek.

Acara semacam ini akan terus kita laksanakan, supaya kita bisa menyerap aspirasi mereka dan kita bisa mendekatkan diri dengan mereka. Kita selalu menghimbau kepada semua tokoh agar ikut serta menjaga Keamanan dan ketertiban di wilayah Dolopo, sehingga wilayah Dolopo selalu kondusif,pungkas Kapolsek. (Kbl)