Nekat Mencuri di Minimarket, Oknum PNS di Tangkap Polisi

38

Polres Madiun – Polsek Wungu Polres Madiun mengamankan pria berinisial HB (43) warga Kelurahan Oro-oro Ombo, Kecamatan Kartoharjo – Kota Madiun yang juga seorang oknum PNS di Dinas Pendidikan Kota Madiun yang kedapatan melakukan pencurian di sebuah toko di Desa Bantengan, Kecamatan Wungu – Kabupaten Madiun, Minggu 14 Maret 202.

Kapolsek Wungu, AKP M Isnaini Ujianto saat konferensi pers menjelaskan, modus pelaku dengan berpura-pura membeli sesuatu di toko. Saat penjaga toko lengah, pelaku memasukkan barang ke dalam tas plastik warna hitam.

Pegawai toko yang curiga dengan gerak gerik pelaku, terus mengawasi dari kamera CCTV. Pegawai toko kemudian melapor ke kasir bahwa pelaku memasukkan beberapa barang ke dalam tas yang sudah disiapkan pelaku.

“Pelaku ini belanja beberapa keperluan sehari-hari ke toko. Sampai di kasir, yang dibayar hanya sabun cuci rencengan saja, sedangkan barang yang lain disembunyikan di tas plastik warna hitam yang sudah disiapkan oleh pelaku,” tutur Kapolsek

Pemilik toko yang mendengar keributan tersebut menyusul keluar dan meneriaki pelaku dan didengar warga. Sesaat setelah naik motor, pelaku kemudian berhasil ditangkap suami pemilik toko.

“Sempat tarik-tarikan, terus lepas kemudian kabur keluar toko, tapi akhirnya ditangkap saat akan naik motor,” imbuh Isnaini.

Lebih lanjut Isnaini menjelaskan, barang barang yang dimasukkan tas plastik tersebut diantaranya sabun cuci piring, kecap, minyak kayu putih, cornet kalengan, deodorant dan susu UHT, senilai Rp 497 ribu.

Akibat perbuatannya pelaku bakal dijerat dengan pasal 364 KUHP tentang tindak pidana pencurian, dengan ancaman hukuman penjara maksimal tiga bulan.

“Karena nilai barang yang dicuri kurang dari Rp 2 juta, ini masuk kategori tindak pidana ringan, ancaman hukumannya maksimal tiga bulan penjara,” jelasnya.