Kapolsek Lakukan Pendekatan Tokoh Silat Untuk Galang Kamtibmas

181

Polres Madiun – Kapolsek Saradan Polres Madiun AKP Sujarwanto, S.H. bersam Kanit Intel Aiptu Kunto Widodo dan Bripka Nurhadi Wiajayanto, S.H. saat mengunjungi tokoh pencak Silat Pagar Nusa Bpk. Suryadi di Warung kopi Desa Sidorejo kecamatan Saradan kabupaten Madiun. Dengan bertujuan dalam kegiatan silaturahmi dan pendekatan dengan tokoh silat sekaligus tokoh pemuda yang berpengaruh dalam upaya ciptakan Kamtibmas Polsek Saradan yang aman dan Kondusif. Jumat (18/1).

Bapak Suryadi salah satu tokoh silat Desa Sidorejo yang dikunjunginya, melalui kegiatan tersebut Kapolsek Saradan menyampaikan peran serta adanya tokoh pesilat dalam hal mewujudkan adanya situasi Kamtibmas di lingkungan.

Saat ini sistem keamanan lingkungan yang masih dipakai serta paling efisien adalah Pos Kamling, merupakan Sistem Keamanan Lingkungan yang di mana pemuda sekaligus warga masyarakat dapat berperan langsung dalam menciptakan ketertiban dan keamanan lingkungan. Pos Kamling dapat menekan dan mengatasi kriminalitas di sebuah lingkungan dan setiap anggota masyarakat yang menempati lingkungan tersebut wajib menjaga keamanan dan ketertiban lingkungan dengan menjalankan sistem piket yang di rotasi setiap malamnya.

” Kita sudah mengetahui bahwa ketertiban dan keamanan merupakan tanggung jawab kita bersama sebagai Warga Negara, maka dari itu kita harus meningkatkan kesadaran kita akan kepedulian keamanan dan ketertiban lingkungan kita, selain dengan dengan meningkatkan kesadaran juga dengan melakukan tindakan langsung seperti mengikuti Sistem Keamanan Lingkungan yaitu Pos Kamling,” Kata Kapolsek Saradan.

Lanjut AKP Sujarwanto, S.H., Kesimpulan dari bahasan di atas adalah masyarakat maupun tokoh pemuda/ silat memiliki peran aktif dalam meningkatkan ketertiban dan keamanan, peran masyarakat itu bisa dibangkitkan dengan cara kita harus meningkatkan kesadaran masyarakat salah satunya dengan mengadakan sosialisasi Sistem Keamanan Lingkungan yang memberikan pedidikan dan kesadaran untuk peduli ketertiban dan keamanan lingkungan. Dengan sosialisasi ini juga akan membuat mereka mengerti kebutuhan pentingnya sistem keamanan lingkungan mereka. (srd)