Antisipasi Kejahatan “Skimming”, Polisi Periksa Mesin ATM

306

Polres Madiun – Guna mengantisipasi adanya kejahatan “skimming” di Kecamatan Geger, Personil Polsek Geger rurin laksanakan patroli dan melaksanakan pemeriksaan mesin ATM, Minggu (18/11).

“Skimming” sendiri adalah sebuah metode kejahatan berupa pencurian data nasabah pada kartu debit dengan memasang perangkat skimmer pada mesin anjungan tunai mandiri (ATM). Caranya dengan memasang alat yang bisa menyalin nomor kartu ATM nasabah serta kamera pengintai PIN Pad di mesin penarik uang. Pelaku yang sudah mendapatkan nomor kartu dan rekaman PIN kemudian mencocokkannya dengan melihat log waktu pencatatan. Dari situ, kemudian pelaku bisa memasukkan nomor serta PIN ke kartu ATM kosong dan memakainya untuk mengambil uang.

Aiptu Aris Usman personil Polsek Geger yang melaksanakan patroli pada hari itu mengatakan Bahwa Patroli yang dilakukan ke ATM untuk memastikan tidak ada alat skimming yang terpasang pada mesin ATM.

“Sasaran patroli kali ini adalah pemeriksaan mesin ATM, Kami melakukan pengecekan terhadap stiker-stiker yang terpasang di box ATM agar tidak ada celah untuk melakukan kejahatan oleh oknum tidak bertanggung jawab,” Ungkap Aiptu Aris. (wp)