Pemusnahan E-KTP Invalid oleh Dispendukcapil Kabupaten Madiun

195

Polres Madiun – Petugas Dispendukcapil Kabupaten Madiun didampingi TNI, POLRI dan Satpol PP, melakukan pemusnahan E-KTP invalid di halaman Kantor Dispendukcapil Kabupaten Madiun. Kamis (20/12)

Adapun jumlah E-KTP invalid, rusak atau cacat yang dimusnahkan sebanyak 9.634 keping yg merupakan produksi atau pencetakan mulai tahun 2012 s.d 2017 dan dinyatakan rusak atau cacat oleh Dispenduk Pemkab Madiun.

Kepala Dispendukcapil Pemkab Madiun sdr. P.W. Widodo mengatakan bahwa “Semua KTP Elektronik yang kita bakar itu KTP invalid. Itu bisa rusak, bisa karena perubahan elemen data yang ada di dalamnya sehingga tidak sesuai lagi dengan pemegangnya, itu kita tarik,” tuturnya.

Ia pun menjelaskan, pembakaran tersebut sesuai instruksi Menteri Dalam Negeri dalam surat edarannya No 470.13/11176/SJ tanggal 13 Desember tentang penatausahaan KTP Elektronik rusak atau invalid.

“Dalam surat tersebut dijelaskan agar E-KTP bekas untuk dilakukan pemusnahan dengan cara dibakar. Dengan begitu maka diharapkan lebih aman, tidak mengundang kecurigaan dan tidak disalahgunakan,” jelasnya. (Skr)