Polisi Siap Amankan Wilayah Jelang Natal dan Tahun Baru 2019

190

Polres Madiun – Persiapan demi persiapan terus dilakukan untuk pengamanan Natal 2018 dan Tahun Baru 2019 mendatang. Salah satunya adalah dimana melakukan koordinasi bersama dengan berbagai pihak terkait. Mereka membahas terkait pengamanan hari raya umat kristiani dan tahun baru. Ini dilakukan mereka guna mengetahui permasalahan yang ada di tengah masyarakat.

Kapolsek Saradan Polres Madiun AKP Sujarwanto, S.H. mengatakan setiap akhir tahun akan selalu dihadapkan pada dua agenda kegiatan masyarakat. Di antaranya hari raya Natal dan Tahun Baru 2019 yang rentan terhadap potensi gangguan Kamtibmas. “Demikian halnya pada tahun 2018. Untuk mengantisipasi dan mengamankan kegiatan masyarakat tersebut, maka Kepolisian akan menggelar operasi kepolisian terpusat dengan sandi Ops lilin 2018,” kata Kapolsek di sela-sela Rapat Koordinasi Jelang Natal dan Tahun Baru, beberapa waktu lalu di Mapolres Madiun.

Dalam melaksanakan operasi tersebut mereka akan mempertimbangkan karakteristik kerawanan di beberapa titik daerah di wilayah kabupaten Madiun. Maka mereka akan terkonsentrasi menjadi dua kategori, yakni pengamanan jalur mudik maupun  balik. Penitiberatan mereka adalah pengamanan kegiatan ibadah pada wilayah yang penduduknya yang beragama Nasrani, serta pengamanan tempat destinasi liburan atau tempat wisata.

Didi melanjutkan, gelaran Operasi Lilin Tahun 2018 akan dimulai hari ini pada 21 Desember 2018. Karena bertepatan dengan hari Jumat, sehingga dimungkinkan warga masyarakat akan mudik pada Jumat sore setelah jam pulang kerja. “Potensi kerawanan yang mungkin terjadi adalah kemacetan dan kecelakaan. Dan perlu diketahui bahwa pada saat dimulai operasi lilin 2018, perlu dipikirkan penyiapan pos pam-pos pam terpadu, penyiapan BBM dan ambulans, serta tenaga medis kesehatan di beberapa titik yang memiliki kerawanan,” terangnya.

Dia juga mengimbau kepada setiap anggota terkait, seperti TNI Polri bersama warga masyarakat melaksanakan pengamanan gereja, harus meningkatkan kesiapsiagaan dan waspada,” tegasnya.

​”​Dari seluruh rangkaian kegiatan tersebut di atas, kami yang dibantu dengan instansi samping diharapkan mampu mengatasi segala potensi kerawanan yang mungkin terjadi. Baik lalu lintas maupun kriminalitas kejahatan jalanan,” ujarnya. (srd)